Violet Factor Pada Lovebird

VIOLET FACTOR - Lovebird Violet saat ini menjadi salah satu lovebird yang paling dicari oleh para Lovebird Lover, selain karena warnanya yang indah, lovebird jenis ini juga banyak dijadikan bahan untuk silangan lovebird mewah seperti Parblue dan biola sehingga menghasilkan Parblue Violet ataupun Biola violet yang harganya fantastis.

Lantas Lovebird Violet ini sebenarnya termasuk kedalam mutasi jenis apakah?? dan bagaimana cara menghasilkan lovebird violet ??

Violet Factor adalah mutasi yang memberikan warna burung menjadi keunguan. Dari ungu biasa, sampe ungu gelap.

Agar dapat dihasilkan mutasi violet pada anaknya, cukup diperlukan salah satu indukan saja dengan faktor violet. jadi tidak perlu menggunakan kedua indukan berwarna violet untuk menghasilkan anakan violet.

Apabila kedua indukan memiliki faktor violet, maka anak yang dihasilkan memiliki kepekatan warna violet yang lebih kuat.

Nah, dari kedua kejadian diatas,dapat disimpulkan bahwa faktor violet ini bisa dibedakan secara visual, terbagi menjadi SF (Single Factor) dan DF (Double Factor).
Coba saja Anda perhatikan, kadang ada yang sepintas violet (SF Violet), ada pula yg terlihat "sangat" violet (DF Violet).

Untuk penamaan contohnya : SF VIOLET BLUE, DF VIOLET BLUE
Violet Factor ini bisa digabungkan dengan Dark Factor, sehingga nantinya dihasilkan anakan dengan warna ungu yg lebih gelap.

Tetapi hanya terjadi pada burung dengan satu faktor gelap saja (D), sedangkan pada DD, faktor violet tak terlihat.

Untuk penamaan contohnya : SF VIOLET D BLUE, DF VIOLET D BLUE

Untuk catatan:
Violet Factor itu tidak ada istilah SPLIT, karena termasuk mutasi dominan (Incomplete Dominant).
Ilustrasi pada foto dibawah adalah cara membedakan antara burung yang memiliki faktor violet dengan yang tidak, tentunya pabila Anda masih ragu melihat secara langsung.

Pada software photo editing, silahkan pakai filter Hue & Saturation.
Bingung bukan? Sama, Saya juga pura-pura manggut saja.
Hati-hati Anda berkutat disini dan menjadi emosi.
violet factor pada lovebird

violet factor pada lovebird

sumber : jenis burung

Baca selengkapnya tentang Violet Factor Pada Lovebird di Violet Factor Pada Lovebird

Comments